LIPI Luncurkan Radar Bikinan Indonesia




JAKARTA – Pusat Penelitiam Elektronika dan Telekomunikasi Lembaa Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPET LIPI) berhasil mengembangkan radar pertama buatan Indonesia.
Dua buah produk radar hasil litbang anak bangsa ini adalah radar pengawas pantai (Coastal Surveillance Radar) yang dibuat oleh PPET -LIPI dan Radar Navigasi Kapal yang dibuat oleh divisi Radio & Commmunications System (RCS) dari PT Solusi 247. Kedua Radar ini menggunakan teknologi Frequency Modulated Continous Wave (FM-CW) sehingga konsumsi daya dan ukuran radar menjadi lebih kecil dari Radar pada umumnya.
Radar ini yang diberi nama Indra I dan Isra (Indonesia Sea Radar) tersebut dibuat sepenuhnya oleh peneliti LIPI. Koordinator Peneliti Radar LIPI Mashury Wahab mengatakan, selama ini Indonesia menggunakan radar impor untuk memantau keamanan wilayahnya. ”Radar yang komponennya lokal selama ini belum ada. Kami melakukan riset sejak 2006–2009 dengan biaya masing- masing mencapai Rp4 miliar dengan komposisi 40% lokal dan 60% luar negeri,” jelas Mashury.
Radar Indra I yang berfungsi mengawasi dan memantau pergerakan lalu lintas kapal di laut memiliki jangkauan 30 km, sedangkan Isra dipakai mengawasi daerah pantai dengan jangkauan 64 km. Kelebihan lain yang dimiliki adalah dapat mengetahui kecepatan kapal, selain itu bisa mobile dan hemat listrik,”jelasnya.
Kedua radar mulai di lirik oleh TNI AL,Departemen Perikanan dan Kelautan, serta perusahaan besar yang memiliki pelabuhan seperti PT Pelindo dan PT Tambang Timah.”Harganya lebih murah dari radar impor yang bernilai belasan miliar.” (ap)





Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.